Kapolres Lamteng AKBP Andik Purnomo Sigit Ajak Masyarakat Untuk Berikan Contoh Edukasi Politik Yang Baik

Kapolres Lamteng AKBP Andik Purnomo Sigit Ajak Masyarakat Untuk Berikan Contoh Edukasi Politik Yang Baik

wartapalapa
Rabu, 23 Oktober 2024

  


Warta-palapa.com, Lampung Tengah 

Polres Lampung Tengah, Polda Lampung menyampaikan komitmen untuk menjaga keamanan menjelang kontestasi Pilkada 2024.


Hal itu disampaikan Kapolres Lampung Tengah, AKBP Andik Purnomo, S.H., S.I.K., M.M saat berlangsungnya debat kandidat perdana Pilkada 2024 Lampung Tengah yang dilaksanakan di Hotel BBC Bandar Jaya, pada Rabu (23/10/2024) Malam.


Kapolres AKBP Andik Purnomo Sigit mengatakan, selaku penanggung jawab keamanan di wilayah hukum Polres Lampung Tengah, AKBP Andik mengajak masyarakat untuk memberikan contoh edukasi politik yang baik.


Yaitu, lanjutnya, dengan melaksanakan pesta demokrasi ini dengan damai, dengan rukun, dengan mengedepankan persatuan dan kesatuan.


Kapolres menyampaikan, pihaknya beserta jajaran TNI tidak memberikan ruang kepada oknum masyarakat yang tidak tertib dan siapapun yang tidak tertib dan mencoba mengganggu keamanan saat berlangsungnya tahapan Pilkada 2024.


"Komitmen kami, jika ada yang berani memprovokasi ataupun bahkan dengan sengaja mengganggu Kamtibmas di Lampung Tengah akan saya sikat," kata Kapolres.


AKBP Andik menambahkan, pentingnya masyarakat untuk menciptakan suasana pemilihan umum yang aman, nyaman, dan gembira merupakan salah satu upaya untuk memberikan pembelajaran politik yang damai yang damai dan santun.


Dia mengatakan, hal serupa juga ditunjukkan jajaran Polri yang rutin melaksanakan giat cooling system hingga membentuk Satgas Kuat menjelang Pilkada.


Kapolres menambahkan, untuk pelaksanaan debat kandidat selanjutnya, pihaknya akan menambah jumlah personel gabungan, yang terdiri dari TNI, Polri, dan Satpol PP.


"Untuk pengamanan berikutnya, kami kerahkan personel gabungan sebanyak 200 anggota," katanya.


Ia pun menghimbau masyarakat supaya jeli dalam memilah informasi, baik yang diperoleh dari media massa maupun media sosial.


Kapolres menilai, menjelang pemungutan suara, masyarakat mungkin masyarakat bisa menyaksikan saat ini suasana sudah mulai memanas, terutama di media sosial dan lain-lain.


AKBP Andik berharap tetap objektif dan kondusif, karena menurutnya hal itulah yang harus dipertahankan.


"Saya yakini masyarakat sekarang sudah pandai sudah bisa memilih memilah mana berita yang benar. Harapan saya, masyarakat tidak menjadi korban provokasi ataupun bahkan memprovokasi. Saya berharap Pilkada Lampung Tengah bisa berjalan dengan aman, lancar, kondusif, dan gembira," pungkasnya. (Mrl/Rls)