Pj. Gubernur Samsudin Ajak Perusahaan Swasta Bergandengan Tangan Benahi Jalan Rusak di Provinsi Lampung

Pj. Gubernur Samsudin Ajak Perusahaan Swasta Bergandengan Tangan Benahi Jalan Rusak di Provinsi Lampung

wartapalapa
Selasa, 20 Agustus 2024

 

Warta-palapa.com, Bandarlampung 
Pj. Gubernur Lampung Samsudin mengajak perusahaan swasta bergandengan tangan bersama pemerintah dalam berperan membenahi jalan rusak di Provinsi Lampung.

Hal itu disampaikan Samsudin saat Diskusi dan Ramah Tamah Program "Bersama Kita Benahi Jalan Rusak" (Berkibar) di Hotel Novotel Kota Bandarlampung, Selasa (20/8/2024) Malam.

Dalam kesempatan itu, hadir 19 perusahaan meliputi sektor perkebunan, perikanan, pertambangan serta pengadaan listrik.

Samsudin mengatakan pihak swasta harus memiliki kepedulian untuk memperbaiki infrastruktur jalan, terutama ruas-ruas pada kawasan yang dilalui oleh perusahaan.

Menurutnya, dunia usaha pasti menginginkan usahanya lancar dengan infrastruktur jalan yang baik guna mendukung kelancaran distribusi dan keingininan untuk membangun ekonomi masyarakat.

"Pemerintah memiliki kewajiban untuk menyelesaikan jalan yang rusak dan dunia usaha membutuhkan jalan yang bagus agar usahanya lancar, ini harus dijodohkan. Tidak satu sama lain saling membiarkan, mari bersinergi dan bergandengan tangan, Insha Allah selesai," ujar Samsudin.

Samsudin mengatakan nantinya ada skema terhadap apa yang dikerjakan antara perusahaan dan pemerintah untuk saling membangun kerjasama.

"Dengan sama-sama pasti kita akan selesaikan dengan baik, bagaimana cara untuk mengerjakan secara bersama-sama? harus saling percaya, ada trust disana. Pemerintah percaya kepada dunia usaha, dan dunia usaha percaya kepada pemerintah, apa yang dikerjakan dunia usaha dan pihak pemerintah," katanya.

Dia menjelaskan kepercayaan itu untuk bersama-sama dibangun dan menghindari adanya tindakan korupsi di dalamnya.

"Jangan sampai ada satu rupiah pun uang yang dimakan oleh pejabat negara khusus untuk infrastruktur. Saya ingatkan itu, jadi jangan sampai main-main dengan masalah infrastruktur ini, tidak ada namanya yang di korupsi anggaran itu terkait dengan pelaksanaan perbaikan jalan," katanya.

Samsudin mengatakan dirinya telah mendapat amanat dari Presiden dan Menteri Dalam Negeri, salah satunya terkait infrastruktur jalan di Provinsi Lampung.
 

"Kita perbaiki dengan sebaik-baiknya agar jalan di Lampung menjadi jalan mantap semuanya," ujarnya.

Dia menuturkan pertumbuhan ekonomi Lampung yang terus meningkat, disusul dengan penghargaan-penghargaan dari nasional yang mulai berdatangan, hal ini harus dibarengi dengan pemerataan pembangunan termasuk infrastruktur jalan.

"Kedatangan orang dari luar Lampung juga sudah cukup bagus, Lampung sudah menjadi target dari datangnya orang untuk berkunjung. Jadi mari kita coba perbaiki kembali apa yang belum selesai terutama terkait masalah jalan," katanya.

Selain itu, kata Samsudin, Lampung juga akan menjadi salah satu tuan rumah dalam pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXIII tahun 2032, harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya.

"Nanti akan tersebar pertandingan itu sehingga dari provinsi lain akan berdatangan disetiap kabupaten/kota supaya adanya perputaran ekonomi. Kita lakukan lompatan perbaiki semua infrastrukturnya, agar supaya kita siap," ujarnya.

Samsudin mengingikan Lampung harus melakukan lompatan-lompatan dan menjadi yang terdepan dari provinsi-provinsi lain di Indonesia.

"Saya sering bicara disetiap kesempatan, Lampung harus melakukan lompatan-lompatan ekonomi, dan kearah yang lebih baik, saya ingin sekali Lampung ini terdepan dari provinsi-provinsi di Indonesia. Untuk itu pada malam ini, mari kita bersama bangun infrastruktur dengan optimal, Rakyat Lampung maju sejahtera," pungkasnya.(Mrl/Rls)