ketua IWO Lampung Edi Arsadat : Masyarakat Harus Berperan Aktif Ikut Cegah Terjadinya Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

ketua IWO Lampung Edi Arsadat : Masyarakat Harus Berperan Aktif Ikut Cegah Terjadinya Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

wartapalapa
Selasa, 06 Agustus 2024

 

Warta-palapa.com, Lampung Timur 
"Masyarakat harus berperan aktif ikut mencegah terjadinya kekerasan terhadap perempuan dan anak", hal itu disampaikan oleh Edi Arsadad ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Provinsi Lampung saat memberikan sosialisasi "Pencegahan Kekerasan terhadap Perempuan, Anak dan TPPO di Balai Desa Sambikarto, kecamatan Sekampung, Lampung Timur. Selasa (06/08/2024).

Menurut Edi, Kasus kekerasan anak merupakan pekerjaan rumah yang perlu segera diatasi, tak hanya oleh pemerintah, tapi seluruh pihak. 

Namun, sebelum ikut berkontribusi dalam hal tersebut, ada baiknya mengenal bentuk bentuk kekerasan terhadap perempuan dan anak, mulai dari kekerasan fisik, psikis, seksual, hingga sosial (penelantaran) dan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

" Kekerasan fisik merupakan kekerasan yang dilakukan pada fisik. Hal ini ditandai adanya cedera fisik yang nampak pada bagian tubuh, seperti memar, luka, dan patah tulang" ujarnya.
 

"Sementara itu, kekerasan psikis merupakan kekerasan yang dilakukan dengan menyakiti perasaan, seperti penggunaan kata-kata kasar, melontarkan ancaman, dan mempermalukan mereka di depan umum" Imbuh pendiri Yayasan Advokasi Kelompok Rentan Anak dan Perempuan (AKRAP) itu.

Edi Mengatakan,  Masyarakat juga berperan besar dalam menghilangkan stigma negatif terhadap anak yang menjadi korban kekerasan. Hal ini sekaligus membantu korban sembuh dari traumanya sehingga mampu bersosialisasi dengan lingkungannya. 

" Pemerintah melalui DP3KB melakukan pencegahan kekerasan, mengajak seluruh masyarakat peduli dengan lingkungan yang rawan terjadinya kekerasan dan segera melaporkan bila mengetahui adanya tindak pidana kekerasan maupun TPPO " pungkasnya. (*)