Rapat DPRD Penyampaian KUA-PPAS APBD-P 2024 dan Pembicaraan Tingkat II Raperda RPJPD 2025-2045

Rapat DPRD Penyampaian KUA-PPAS APBD-P 2024 dan Pembicaraan Tingkat II Raperda RPJPD 2025-2045

wartapalapa
Senin, 15 Juli 2024

 

Warta-palapa.com, Tulangbawang Barat 
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), menggelar Rapat Paripurna dalam rangka Penyampaian KUA-PPAS APBD-P Tahun Anggaran 2024 dan Pembicaraan Tingkat II Atas Raperda RPJPD Tahun 2025-2045.

Kegiatan yang dipimpin oleh Ponco Nugroho, selaku Ketua DPRD Tubaba itu dihadiri oleh Pejabat (Pj) Bupati Tubaba, M. Firsada yang diwakilkan melalui Sekda Tubaba, Novriwan Jaya dan seluruh unsur Forkopimda Kabupaten setempat, pada Senin (15/07/2024).

Dalam sambutannya, Sekda Tubaba, Novriwan Jaya, menyampaikan, rapat yang digelar DPRD Tubaba ini merupakan agenda penting. Oleh karenanya, kolaborasi antara seluruh stakeholder khusus pihak eksekutif dan legislatif dapat semakin ditingkatkan demi kemajuan daerah kedepannya.

"Ini merupakan rapat penting. Demi kemajuan daerah kedepannya, kolaborasi bersama agar kiranya kita dapat semakin mendongkrak kolaborasi antar sesama," ujar Novriwam Jaya.

Lanjut dia, RPJPD di susun dalam mewujudkan tujuan pembangunan daerah yaitu untuk peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat, peningkatan kesempatan kerja, lapangan berusaha, peningkatan akses dan kualitas pelayanan publik dan daya saing daerah.

Adapun RPJPD Kabupaten Tubaba Tahun 2025 – 2045 yang nantinya akan menjadi pedoman dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) untuk setiap jangka waktu lima tahun, khususnya arah kebijakan dan sasaran pokok RPJPD, dimana arah kebijakan dan sasaran pokok RPJPD menjadi acuan bagi para calon Kepala Daerah untuk menyusun visi dan misi dalam pelaksanaan pemilihan Kepala Daerah.

"Raperda RPJPD yang kita setujui bersama hari ini merupakan penjabaran dari visi, misi, arah kebijakan dan sasaran pokok pembangunan20 tahun kedepan. Adapun Visi Tubaba Tahun 2025-2045 adalah Tulang Bawang Barat Maju, Sejahtera dan Berkelanjutan, terdapat 5 Sasaran Visi yang akan di tempuh melalui 3 Agenda Pembangunan, 8 Misi Daerah, 17 arah/tujuan pembangunan, dan 45 Indikator Utama Pembangunan,” terangnya.

Sementara itu, DPRD Tubaba melalui Juru Bicara (Jubir) Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bpemperda), Roni, mengatakan, berdasarkan kesepakatan bersama yang terdiri dari lima fraksi yang ada, pihaknya telah menyetujui Raperda RPJPD yang telah sama-sama disusun pihak Legislatif dan Pihak Eksekutif.

"Berdasarkan musyawarah, kami lima fraksi yang DPRD Tubaba menyetujui hasil kesepakatan yang telah disusun bersama ini," tandas Roni. (Mrl/*)