Lapas Kelas IIA Tangerang Implementasi Bela Negara Melalui Upacara Bendera

Lapas Kelas IIA Tangerang Implementasi Bela Negara Melalui Upacara Bendera

wartapalapa
Senin, 08 Juli 2024

 

Warta-palapa.com, Tangerang
Lembaga Pemasyarakaktan (Lapas) Kelas IIA Tangerang Kantor Wilayah Kemenkumham Banten kembali melaksanakan program pembinaan kepribadian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yaitu dengan melaksanakan Upacara Bendera, pada Senin (08/07/2024).

Bertempat di Lapangan upacara utama, kegiatan upacara ini diikuti oleh seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan dengan pendampingan jajaran Pejabat Strukutral serta Pegawai Laduta lainnya.

"Program ini dibentuk sebagai pembinaan kepada warga binaan dalam mewujudkan kesadaran sebagai warga negara Indonesia yang cinta kepada tanah air dan melaksanakan kewajiban setiap hari seninnya." Ucap Kepala Seksi Bimbingan Narapidana, Lidna Komaladewi.

Hal ini juga sesuai dengan tujuannya yaitu sebagai pembinaan kesadaran berbangsa dan bernegara bagi warga binaan dan akan rutin dilaksanakan setiap hari senin dan bergilirian seluruh blok hunian dan seluruh warga binaan menjadi petugas upacara.

Kegiatan ini diisi dengan rangkaian upacara bendera yang penuh khidmat seperti pengibaran bendera merah putih dengan iringan lagu Indonesia Raya, Mengheningkan cipta, pembacaan UUD 1945, Pancasila, Catur Dharma Narapidana, amanat hingga doa.
 

Pada amanat yang disampaikan oleh Pembina Apel yaitu Komanda Regu Jaga, beliau menyampaikan apresiasinya akan pelaksanaan upacara pada pagi hari ini dan adanya peningkatan dari Petugas Upacara yang bertugas.

"Tetap semangat dalam beraktifitas, teruslah berkelakuan baik dengan selalu mengikuti seluruh aturan, mengikuti pembinaan, tidak melakukan pelanggaran apapun dan bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban didalam Lapas.," Tutur Mira.

Beliau melanjutkan bahwa Warga Binaan haruslah mengutamakan rasa disiplinnya baik dalam kehidupan sehari hari selama didalam Lapas maupun nanti ketika sudah bebas.

Kegiatan upacara bendera bagi warga binaan selesai dengan baik dan ditutup dengan pembacaan doa serta yel-yel warga binaan.(AVID/r)